BAB III
PEMBAHASAN


3.1.  Biographical Criticism

Kritik yang hanya mencurahkan perhatiannya pada sang artist (penciptanya), khususnya aktifitas yang telah dilakukannya. Memahami dengan logis perkembangan sang artis sangat diperlukan untuk memisahkan perhatian kita terhadap intensitasnya pada karya-karyanya secara spesifik. Contoh :

·       Saitama Super Arena



Gambar 3.1 Saitama Super Arena
Sumber : Google


§  Alamat             :           8 Shintoshin, Chuo Ward, Saitama, Saitama Prefecture 330-9111, Jepang

§  Kapasitas         :           36.500

§  Tinggi              :           42 m

§  Dibuka            :           1 September 2000

§  Arsitek            :           Dan Meis

Saitama Super Arena (            Saitama Supa Arina) Adalah multi fungsi dalam hal ruangan arena yang terletak di Chūō-ku, Saitama City, Saitama, Jepang. Kapasitas penonton adalah 36.500 pada pengaturan maksimum. kapasitas arena utama adalah antara 19.000 dan 22.500 ketika diadakan olahraga seperti basket, voli, tenis, hoki es, senam, tinju, seni bela diri campuran, dan gulat profesional yang berlangsung di sana. Saitama Super Arena merupakan satu-satunya tempat yang sudah dilengkapi khusus untuk olahraga American Football. Arena ini memiliki bagian yang dapat bergerak sendiri untuk mengatur tempat duduk yang dapat mengurangi kapasitas untuk acara yang lebih kecil dan membuat pengaturan yang lebih intim. Sebelumnya ini merupakan bertempat Museum Lennon John, yang menampilkan John Lennon memorabilia dan ditutup pada tahun 2010. Salah satu dari dua arena rumah bagi tim Jepang Profesional Basketball League Saitama Broncos. Tempat favorit bagi puroresu (gulat profesional Jepang) dan seni bela diri campuran (MMA), dan telah menyelenggarakan banyak pertandingan terbesar dalam sejarah MMA.


3.2.  Depictive Criticism

Depictive cenderung tidak dipandang sebagai sebuah bentuk kritik karena ia tidak didasarkan pada pernyataan baik atau buruk sebuah bangunan. Sebagaimana tradisi dalam kritik kesenian yang lain, metode ini menyatakan apa yang sesungguhnya ada dan terjadi disana. Masyarakat cenderung memandang dunia sesuai dengan keterbatasan pengalaman masa lalunya, maka melalui perhatian yang jeli terhadap aspek tertentu bangunan dan menceritakan kepada kita apa yang telah dilihat, kritik depiktif telah menjadi satu metode penting untuk membangkitkan satu catatan pengalaman baru seseorang. Kritik depiktif tidak butuh pernyataan betul atau salah karena penilaian dapat menjadi bias akibat pengalaman seseorang di masa lalunya. Kritik depiktif lebih mengesankan sebagai seorang editor atau reporter, yang menghindari penyempitan atau perluasan perhatian terhadap satu aspek bangunan agar terhindar dari pengertian kritikus sebagai interpreter atau advocate. Contoh :

·       Guangzhou Opera House


Gambar 3.2 Guangzhou Opera House
Sumber : Google

Location                                  :           Guangzhou, Guangdong province, People's Republic of China.

Client                                       :           Guangzhou Municipal Government

Architect                                 :           Zaha Hadid

Facade engineering                  :           KGE Engineering (Zhuhai, China)

Structural engineers                 :           SHTK (Shanghai, China); Guangzhou Pearl River Foreign Investment Architectural Designing Institute 

Construction management      :           Guangzhou Construction Engineering Supervision Co. Ltd. (Guangzhou, China) 

Size                                          :           70 000 m2

Costs                                       :           220 milion $

Year                                         :           2003-2010

Seperti kerikil dalam aliran dihaluskan oleh erosi, Guangzhou Opera House berdiri dalam harmoni yang sempurna dengan lokasi di tepi sungai. The Opera House adalah jantung dari perkembangan kebudayaan Guangzhou. Desain batu kembarnya yang unik meningkatkan nilai kota dengan cara menghadapkannya ke Sungai Pearl, menyatukan bangunan budaya yang berdekatan dengan menara keuangan internasional di Zhujiang kota baru Guangzhou. Auditorium 1.800 kursi dari Opera House merupakan teknologi akustik yang sangat terbaru, dan ruang multifungsi 400 kursi yang lenih kecil dirancang untuk pertunjukan seni, opera, dan konser. Desain berkembang dari konsep pemandangan alam dan interaksi yang menarik antara arsitektur dan alam; terlibat dengan prinsip-prinsip erosi, geologi, dan topografi. Desain Guangzhou Opera House sangat dipengaruhi oleh lembah-lembah sungai dan cara mereka diubah oleh erosi. Lipat baris dalam lanskap ini menentukan wilayah dan zona dalam Opera House, memotong ngarai dramatis interior dan eksterior untuk sirkulasi, lobi dan kafe, dan memungkinkan cahaya alami untuk menembus jauh ke dalam gedung. Transisi halus antara unsur-unsur yang berbeda dan tingkat yang berbeda melanjutkan analogi lanskap ini. Cetakan khusus glass-fibre reinforced gypsum (GFRC) telah digunakan untuk interior auditorium untuk melanjutkan bahasa arsitektur fluiditas dan kelembutan.

3.3.  Contextual Criticism (Peristiwa)

Untuk memberikan lebih ketelitian untuk lebih mengerti suatu bangunan, diperlukan beragam informasi dekriptif, informasi seperti aspek-aspek tentang sosial, politikal, dan ekonomi konteks bangunan yang telah didesain. Kebanyakan kritikus tidak mengetahui rahasia informasi mengenai faktor yang mempengaruhi proses desain kecuali mereka pribadi terlibat. Dalam kasus lain, ketika kritikus memiliki beberapa akses ke informasi, mereka tidak mampu untuk menerbitkannya karena takut tindakan hukum terhadap mereka. Tetapi informasi yang tidak kontroversial tentang konteks suatu desain suatu bangunan terkadang tersedia. Contoh :

·       Beijing Capital International Airport


Gambar 3.3 Beijing Capital International Airport
Sumber : Google


§  Lokasi                         :           Chaoyang District, Beijing, China

§  Fungsi                         :           Bandara internasional

§  Penetapan                    :           2003

§  Mulai pembangunan   :           2004

§  Selesai pembangunan  :           2008

§  Luas                                        :           1.300.000 m2

§  Klien                                       :           Beijing Capital International Airport Company Ltd.

§  Struktural Engineer     :           Arup

§  Quantity Surveyor       :           Davis Langdon & Seah

§  M+E Engineer             :           Arup

Beijing Capital International Airport dirancang untuk membangkitkan semangat, menyambut Olimpiade Beijing dan juga merupakan simbol Cina. Bandara dengan atap aerodinamis dan bentuknya naga seperti merayakan sensasi dan puisi penerbangan dan membangkitkan warna tradisional dan simbol Cina. Teknik daylighting sebagai  konsep sains lingkungan dan sains bangunan menjadi ciri khas sang arsitek pada bangunan Beijing Capital International Airport [Foster N. 2013. Beijing Capital International Airport. http://www.fosterandpartners.com/projects/beijing-airport/. 2 juni 2013].

Prefabrikasi elemen struktur dan bangunan modular memberikan fleksibilitas untuk pertumbuhan dan operasi masa depan, serta meminimalkan polusi konstruksi di tempat. Desain pasif optimasi - Skylight di atap memberikan cahaya alami ke lantai atas, dan ini juga berorientasi untuk memaksimalkan keuntungan awal matahari pagi, menyediakan pemanas surya pasif untuk ruang. Kombinasi fitur lingkungan pasif dan aktif mengurangi biaya operasional bangunan. Penggunaan bahan yang tersedia secara lokal dan keterampilan lokal. Energi sistem lingkungan yang efisien. Sensor CO2 sesuai pasokan udara segar akurat ke tingkat hunian. VAV tanaman Penyejuk memungkinkan penggunaan pendingin bebas yang signifikan, serta meminimalkan fan energi. Sistem distribusi langsung dan terorganisir dengan baik membatasi pompa dan energi fan [Foster N. 2008. Hal. 1]. 

Komentar

Postingan Populer