ANALISA SEDERHANA ARSITEKTUR KLASIK DAN ARSITEKTUR MODERN

ARSITEKTUR KLASIK


Arsitektur klasik adalah gaya bangunan dan teknik mendesain yang men­gacu pada zaman klasik Yunani, seperti yang digunakan di Yunani kuno pada periode Helenistik dan Kekaisaran Romawi.Arsitektur klasik dari bangsa yunani merupakan dasar dari bangunan-bangunan klasik saat ini. Dari mulai masa kejayaan yunani kuno sampai kejatuhan kerajaan ro­mawi, banyak bangunan-bangunan besar yang dibangun menggunakan keahlian arsitektur handal.


1. Temple of Apollo Epicurius



Terletak di lereng gunung terpencil di Peloponnese, Kuil Apollo Epicurius di Bassae adalah kuil Yunani terawat baik dan tidak biasa. Itu dibangun di suatu tempat antara 450 dan 400 SM. Kuil ini sejajar utara-selatan, berbeda dengan sebagian besar kuil Yunani yang sejajar timur-barat. 

Candi tidak biasa dalam hal ini memiliki contoh dari ketiga perintah yang digunakan dalam arsitektur klasik Yunani kuno. Bentuk kolom Doric Ionic peristyle sementara kolom dukungan teras dan kolom Korintus fitur di pedalaman. Kuil Apollo Epicurius saat ini tercakup dalam tenda untuk melindungi reruntuhan dari unsur-unsur.


2. Colosseum

Colosseum adalah sebuah hasi arsitektur klasik pada jaman romawi, ciri khasnya ada pada bentukan busur - busur lengkung antar kolom dan bentuk dari bangunan tersebut yaitu lingkaran.



Koloseum berukuran cukup besar. Dengan tinggi 48 m, panjang 188 m, lebar 156 m dan luas seluruh bangunan sekitar 2.5 ha membuat Koloseum terlihat begitu besar dan luas. Arenanya terbuat dari kayu berukuran 86 m x 54 m, dan tertutup oleh pasir. Bentuk elips atau bulat dari Koloseum gunanya untuk mencegah para pemain untuk kabur ke arah sudut dan mencegah para penonton untuk berada lebih dekat dengan pertunjukan.



3. Doric Temple of Segesta



Terletak di bagian barat laut Sisilia, Segesta adalah salah satu kota utama dari orang Elymian, salah satu dari tiga masyarakat adat dari Sisilia. Populasi Segesta dicampur Elymian dan Yunani, meskipun Elymians segera Helenis dan mengambil karakteristik eksternal kehidupan Yunani. Kuil Doric yang terletak tepat di luar situs kuno ini terpelihara dengan baik. Hal ini dibangun pada akhir abad 5 SM dan memiliki 6 × 14 kolom. dan kuil ini juga tampaknya mengalami kekurangan atap di atas ruang utama.



4. Pantheon Romawi

Pantheon dibangun pada jaman romawi, tempat ini digunakan sebagai tempat penyembahan dewa. pada jaman itu kolom - kolom besar dan kokoh digunakan sebagai simbol kekuatan.



Terkenal karena serambi dengan delapan tiang marmer Corinthian yang sangat memesona, dilengkapi delapan tiang lain di belakangnya — semua menopang struktur pedimen segi tiga yang besar — bangunan kuil utama sebenarnya adalah bangunan berbentuk lingkaran ditutupi dengan puing-puing kubah beton tidak bertulang terbesar di atas bumi. Diameter dan tinggi bangunan berkubah ini dari lantai marmer motif papan catur hingga puncak kubah adalah 142 kaki (43 meter). Meskipun kubah di atas adalah ciri khas yang mendapatkan sebagian besar perhatian, luangkan waktu untuk melihat ke bagian lantai yang tidak berubah sejak era Romawi.






ARSITEKTUR MODERN

                Arsitektur modern adalah sebuah sesi dalam perkembangan arsitektur di­mana ruang menjadi objek utama untuk diolah. Jika pada masa sebelum­nya arsitektur lebih memikirkan bagaimana cara mengolah façade, orna­men, dan aspek-aspek lain yang sifatnya kualitas fisik, maka pada masa arsitektur modern kualitas non- fisik lah yang lebih dipentingkan. Fokus dalam arsitektur modern adalah bagaimana memunculkan sebuah gaga­san ruang, kemudian mengolah dan mengelaborasinya sedemikian rupa, hingga akhirnya diartikulasikan dalam penyusunan elemen-elemen ruang secara nyata.

1.Piramida Louvre, Perancis

Piramida Louvre merupakan sebuah piramida kaca dan besi besar, dikelilingi oleh tiga piramida kecil, di taman Museum Louvre di Paris, Perancis. Piramida utama berperan sebagai pintu masuk utama ke museum. Selesai dibangun tahun 1989, bangunan ini menjadi markah tanah bagi kota Paris.
Dicetuskan oleh Presiden Perancis François Mitterrand tahun 1984, bangunan ini dirancang oleh arsitek I. M. Pei, yang bertanggungjawab atas perancangan Museum Miho di Jepang. Struktur ini, yang dibangun seluruhnya dari kaca, mencapai tinggi 20.6 meter (sekitar 70 kaki); bagian dasarnya memiliki panjang sisi 35 meter (115 kaki). Terdiri dari 603 kaca belah ketupat dan 70 kaca segitiga.

2.Heydar Aliyev Center

Heydar Aliyev Cultural Center (HACC) atau dikenal sebagaiHeydar Aliyev Merkezi adalah rumah bagi pusat kebudayaan Azerbaijan yang diresmikan pada 2011 lalu. Secara struktur bangunan ini sangat unik dan tak lazim dari segi bentuk. Bentuk pada bagian fasadnya begitu mempesona dari kejauhan, dengan balutan kurva raksasa yang mengatapi tiga jenis ruangan berbeda di dalamnya.

HACC dibangun di lahan seluas 57.000 m², menelan dana jutaan Dollar AS. Desainnya dikerjakan oleh arsitek kenamaan berkebangsaan Iraq-Inggris, Zaha Hadid yang dikenal sebagai The Queen of Curves dalam dunia arsitektur. Hadid memenangkan sayembara desain gedung pusat kebudayaan nasional Azerbaijan ini pada tahun 2003 dan pengerjaan kontruksi dimulai pada tahun 2007.





 3.Infinity Tower

Infinity Tower merupakan sebuah pencakar langit yang sedang dalam konstruksi oleh Palma Real Estate di Dubai, Uni Emirat Arab. Proyek ini masih tertunda, karena runtuhnya sebuah tembok dan banjir di situs konstruksi.

Konstruksi bangunan setinggi 330 meter (1,083 kaki) ini dimulai pada Februari 2006 dan apabila selesai pada 2009, menara ini akan memiliki 80 tingkat dan menjadi apartemen tertinggi di dunia dengan putaran 90°. Versi asli menara yang sedang dalam konstruksi yang lebih tinggi, gelap, 372 m, 93 tingkat tidak pernah dibangun.

Menara ini akan berputar seperti Turning torso di Malmö, Swedia. Setiap lantai berputar 1.2° untuk mencapai spiral 90°, membentuk sebuah helix. Menara ini akan berisi apartemen, ruangan konferensi, lapangan tenis, kolam renang, gimnasium, nursery dan spa.
Perusahaan proyek pembangunan properti ini adalah CAYAN, arsiteknya adalah Skidmore,Owings & Merrill (SOM) dan akan diletakkan di Dubai Marina.



4.Menara CN

Menara Nasional Kanada juga dikenal sebagai CN Tower. Menara ini memiliki struktur tertinggi di Amerika Utara dengan ketinggian 1.815 kaki dan 553,3 meter. CN Tower merupakan menara tertinggi kedua di seluruh dunia setelah Burj Al Arab. Menara ini terletak di Toronto, Ontario, Kanada dan telah menjadi ikon Kanada selama bertahun-tahun dan karena alasan itu banyak orang tertarik untuk mengunjungi tempat itu. Menara ini tampak seperti struktur telekomunikasi, awalnya dibangun sebagai platform komunikasi TV dan Radio untuk seluruh wilayah Toronto.


Menara itu memiliki enam lift berkecepatan tinggi dengan bidang kaca yang kokoh. Lift ini dapat membawa tamu sampai ke puncak. Anda dapat mencapai puncak (Skypod – Look-out Level) hanya dalam 58 detik. Dari puncak anda dapat melihat seluruh Toronto, Niagara Falls, karena di sini merupakan pemandangan yang terbaik.


REFERENSI : 


kanzalatte.blogspot.com/

https://id.wikipedia.org/

Komentar

Postingan Populer