ISTANA TOPKAPI


ISTANBUL,TURKI

Istana Topkapı (bahasa Turki: Topkapı Sarayı) atau dalam bahasa Turki Utsmaniyah: طوپقپو سرايى, biasanya dieja "Topkapi" dalam bahasa Inggris) adalah istana di Istanbul, Turki, yang merupakan kediaman resmi Sultan Utsmaniyah selama lebih dari 600 tahun (1465-1856).
Pembangunan istana ini dimulai pada tahun 1459 atas perintah Sultan Mehmed II. Kompleks istana terdiri dari empat lapangan utama dan banyak bangunan-bangunan kecil. Pada puncaknya, istana ini dihuni oleh 4.000 orang. Selain sebagai tempat tinggal kerajaan, istana digunakan untuk acara-acara kenegaraan dan hiburan kerajaan. Sekarang menjadi daya tarik wisata dan berisi peninggalan suci penting dari dunia Muslim, termasuk pedang dan jubah Nabi Muhammad.
Kepentingan Istana Topkapi memudar pada akhir abad ke-17 karena sultan lebih suka menghabiskan waktu di istana baru mereka di Bosporus. Pada tahun 1856, Sultan Abd-ul-Mejid I memindahkan kediamannya ke Istana Dolmabahçe.
Setelah jatuhnya Utsmaniyah pada tahun 1921, Istana ini dijadikan museum berdasarkan dekret pemerintah tanggal 3 April 1924. Istana ini merupakan bagian dari "Wilayah Bersejarah Istanbul", yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Ketiga Kediaman Sultan
Awalnya terdapat sekitar 700-800 penghuni istana, namun seiring waktu membengkak menjadi hingga 5000 jiwa. terdapat tiga bagian dari istana ini: Istana Tua, Istana Baru dan Istana Yidiz. Yang dikenal sebagai Istana Topkapi sebetulnya adalah Istana Baru. 
Istana Tua adlah bangunan pertama yang didirikan setelah kota Istanbul ditaklukkan. Sebuah kebakaran menghancurkannya pada tahun 1514, dan setelah itu kebanyakan penghuninya berpindah ke Istana Baru. Bangunan tua sempat direstorasi sebagian namun kebakan kembali terjadi di masa pemerintahan Sultan Abdulaziz yang berkuasa pada 1861 - 1876. Ketika itu, Gerbang Komandan ditempatkan di atas gedung istana lama. Kini, telah menjadi bagian dari Universitas Istanbul. 
Pembangunan Istana Baru dimulai di era Mehmet II dan dibuat sangat mewah. Istana itu mendominasi pemandangan di sekitar dan di dalamnya terdapat gedung-gedung pemerintahan, pavilyun, pemandian dan bengkel kerja; selain itu ada dapur umum, ruang tidur dll. Semua kehidupan pribadi dan politik para sultan berputar di dalam istana ini. Sang penguasa bertemu dengan penasihatnya di sini, merayakan kemenangan tentaranya di sini, serta menciptakan strategi baru penaklukkan. Seiring waktu, Istana Topkapi menjadi pusat keluarga serta pusat budaya. 
Pada abad ke 18, sebuah istana baru dibangung di Besiktas, Istanbul. Tempat ini merupakan istana musim panas bagi Sultan Selim III (1789 - 1807). Sultan Mahmud II (1808 - 1839) yang lebiih menyukai berada di luar keratonnya, lebih menyukai berdiam di istana baru ini. Istana Yildiz ini merupakan sebuah tempat pelarian bagi sang penguasa, untuk dapat beristirahat sejenak tanpa meninggalkan ibukota. Akan tetapi di masa pemerintahan Sultan Abdulhamid II, malah seluruh pusat pemerintahan turut dipindahkan ke istana baru ini. 

Jantung Sebuah Harem
Harem merupakan tempat tinggal ratusan wanita yang menjadi selir beserta para anaknya. Tempat ini juga menjadi tempat para pangeran berdiam hingga berusia 16 tahun. Para wanita yang tinggal di harem pada masa Ottoman memperoleh pendidikan yang terbaik serta bekerja untuk mendukung pendanaan istana. 

Kehidupan Baru Bagi Istana
Istana Topkapi memiliki arsip dan perpustakaan yang luar biasa. Terdapat sekitar 300 ribu dokumen yang disimpan. Taman di Istana Topkapi sangat kaya dengan bunga dan tanaman seperti mawar, tulip, hyacinth dalam tradisi Ottoman. 
Ketika istana berubah menjadi museum, untuk pertama kalinya masyarakat umum boleh mengunjunginya. Museum ini memiliki banyak koleksi peninggalan mereka yang telah mendiami tempat ini selama 400 tahun. Koleksi yang ditampilkan sehari-hari hanya sebagian kecil dari yang sesungguhnya terdapat di dalam gudang penyimpanan. 
Selain lukisan, perhiasan dan barang pribadi milik sultan dan keluarganya, terdapat juga beberapa peninggalan yang terkait dengan masa Nabi Muhammad SAW. 
Istana Topkapi kini menerima turis sepanjang tahun. Tempat ini sekarang menjadi pusat pembelajaran budaya Ottoman dan pada masa kejayaannya. Pengunjung dapat membayangkan betapa megahnya masa kejayaan tersebut sambil beristirahat sejenak di tempat tersebut.



TIPOLOGI

Denah Istana Topkapi (sumber: Ancient Origins)






Bangunan Istana Topkapi terbagi atas empat bagian besar yang dipisahkan oleh tiga gerbang utama. Pada bagian pertama istana terdapat sebuah gereja yang dibangun orang Romawi. Kendati demikian, bangunan itu kini digunakan sebagai gedung teater. Selain difungsikan sebagai museum, istana ini juga dimanfaatkan buat pertunjukan opera setiap musim panas selama berlangsungnya Festival Internasional Istanbul.

Di sekitar kompleks Istana Topkapi, yang dikelilingi tembok sepanjang lima kilometer dan empat taman yang rindang, juga dibangun berbagai bangunan pelengkap lainnya, seperti hareem section, paviliun, dapur, ruang pertemuan, dan barak militer. Kelima bangunan ini berada di bagian kedua istana. Dan bagian terpenting dari kompleks itu adalah hareem section. Di bangunan yang berbentuk apartemen inilah, istri-istri dan ibu para sultan Turki, bertempat tinggal. Para istri tersebut diajarkan cara menari, menyulam, dan memainkan beberapa instrumen musik. Selain sultan, para istri yang berasal dari berbagai negara ini tidak boleh dilihat orang lain. Mereka dijaga dengan ketat oleh para pengawal.

Kamar terbesar di Istana Topkapi berada di hareem section. Ada pula sebuah ruangan yang digunakan untuk pertemuan rahasia. Di ruangan ini terdapat pancuran air untuk mengelabui suara saat pertemuan berlangsung.
Pada bagian ketiga Istana Topkapi terdapat sekolah untuk murid berumur 10 tahun. Semua anak-anak tersebut dipilih oleh sultan dari berbagai pelosok Turki. Sedangkan tempat tinggal para sultan berada di kawasan keempat. Tempat ini biasanya digunakan sultan untuk berbuka puasa pada hari pertama Ramadhan. Sementara itu, pada bagian depan Istana Topkapi terdapat pintu gerbang yang berfungsi sebagai pintu masuk ke dalam istana. Bangunan ini berupa dua buah menara berbentuk persegi delapan. Bentuk arsitektur pintu gerbang ini merupakan pengaruh dari Bizantium. Pada prasastinya, tertulis pintu ini dibuat pada 1542. Setelah masuk ke bagian dalam, terdapat dua buah bangunan yang sangat besar. Bangunan pertama adalah bagian dari imperial mint dan dikelilingi oleh tembok-tembok yang sangat tinggi. Bangunan yang didirikan pada 1727 ini berfungsi sebagai kantor atau taman luar.

Sedangkan bangunan kedua atau setelah melewati bangunan tengah (pertama tadi), pengunjung dapat menyaksikan sebuah bangunan yang merupakan tempat berkumpulnya para pejabat istana. Di sini terdapat taman penuh burung merak dan rusa. Bangunan ini dibuat sekitar tahun 1465. Bagian dapur Istana Topkapi juga memiliki luas yang cukup besar, dengan peralatan yang lengkap dan terbilang canggih pada masa itu. Konon, dapur Istana Topkapi meniru istana sultan di Edirne. Arsitekturnya adalah Mimar Sinan. Keberadaan dapur istana ini, menunjukkan tingginya nilai pusaka kuliner Turki yang hingga kini masih dipertahankan. Para Sultan Turki di masa lalu memang merupakan patron utama yang menjaga budaya kuliner Turki yang kaya raya.




The Imperial Mint of the Ottoman Empire sumber:

Byzantine Church Hagia Eirene, sumber:

Palace kitchens and porcelain collection, sumber:

Gate of Felicity (Bab-us Saade), sumber:

Revan Pavilion, sumber:

Harem Section, sumber:

Harem Section, sumber:




STRUKTUR









Komentar

Postingan Populer