BAB I Ilmu Budaya Dasar Sebagai Salah Satu MKDU
BAB I
Ilmu Budaya Dasar Sebagai Salah Satu MKDU
1.1 Pengertian Ilmu Budaya Dasar (IBD)
Ilmu Budaya Dasar Sebagai Salah Satu MKDU
1.1 Pengertian Ilmu Budaya Dasar (IBD)
Mata Kuliah Ilmu Budaya Dasar adalah
salah satu mata kuliah yang membicarakan tentang nilai-nilai, tentang
kebudayaan, tentang berbagai macam masalah yang dihadapi manusia
dalam hidupnya sehari-sehari. Hal ini perlu, karena dirasakan kekurangan
pada sistem Pendidikan kita, baik pada tingkat menengah, maupun
pada tingkat perguruan tinggi. Diharapkan kegunaan mata kuliah ini, agar
lulusan perguruan tinggi kita dari semua jurusan dapat mempunyai suatu
kesamaan bahan pembicaraan. Adanya kesamaan ini diharapkan agar
interalisi antara intelektuil kita lebih sering dengan akibat positif
bagi pembangunan negara kita pada umumnya dan perbaikan pendidikan pada
khususnya. Diharapkan mata kuliah ini dapat menjadi semacam “Lingua franca”
bagi para akademisi dari berbagai lapangan ilmiah, dengan memiliki suatu
bekal yang sama ini diharapkan agar para akademisi dapat lebih lancar
komunikasi ini selanjutnya kan memperlancar pula pelaksanaan pembangunan
dalam berbagai bidang yang ditangani selanjutnya akan ditangani oleh para
cendekiawan dari berbagai lapangan keahlian itu.
1.2 Tujuan IBD
Penyajian mata kuliah Ilmu Budaya
Dasar tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan
dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk
mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan demikian jelaslah bahwa
mata kuliah Ilmu Budaya Dasar tidak dimaksudkan untuk mendidik ahli-ahli dalam
satu bidang keahlian yang termasuk didalam pengetahuan budaya (the humanities).
Akan tetapi Ilmu Budaya Dasar semata-mata sebagai salah satu usaha
mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran
serta kemampuan kritikannya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut
orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri. Untuk
bisa menjangkau tujuan tersebut Ilmu Budaya Dasar diharapkan dapat :
> Mengusahakan penajaman
kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah
menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan
profesi mereka.
> Memberi kesempatan pada
mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan
budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang
menyangkut kedua hal tersebut.
> Mengusahakan agar
mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang
disiplin masing-masing, tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan dan
pengkotakan disiplin yang ketat. Usaha ini terjadi karena ruang lingkup
pendidikan kita amat sempit dan condong membuat manusia spesialis yang
berpandangan kurang luas, kedaerahan dan pengkotan disiplin yang kuat.
> Mengusahakan
wahana komunikasi para akademis agar mereka lebih mampu berdialog satu sama
lain. Dengan memiliki satu bekal yang sama, para akademis diharapkan akan lebih
lancar dalam berkomunikasi.
1.3 Ruang Lingkup IBD
Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
Bertitik tolak dari kerangka tujuan yang telah ditetapkan, dua masalah pokok
bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian
mata kuliah IBD. Kedua masalah pokok itu adalah :
> Berbagai
aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan
budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the
humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam
pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin
dalam pengetahuan budaya.
> Hakekat manusia yang
satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam
kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
Memilik kedua pokok masalah yang bisa
dikaji dalam mata kuliah IBD, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati
posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian.
Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesama, dirinya sendiri,
nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi
tema sentral dalam IBD. Pokok-pokok bahasan yang dikembangkan adalah:
> Manusia dan cinta
kasih
> Manusia dan Keindahan
> Manusia dan
Penderitaan
> Manusia dan Keadilan
> Manusia dan Pandangan
hidup
> Manusia dan
tanggungjawab serta pengabdian
> Manusia dan
kegelisahan
> Manusia dan harapan
Materi ilmu sosial dasar terdiri atas
masalah-masalah sosial untuk dapat menelaah masalah-masalah, sosial hendaknya
terlebih dahulu kita dapat mengidentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan
memahami sejumlah konsep sosial tertentu. Sehingga dengan demikian bahan
pelajaran ilmu sosial dasar dapat dibedakan atas 3 golongan yaitu :
Kenyataan-kenyataan sosial yang ada
dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
Konsep-konsep sosial atau
pengertian-pengertian tentang kenyataan -kenyataan sosial dibatasi pada konsep
dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari
masalah-masalah sosial yang dibahas dalam ilmu pengetahuan sosial.
Masalah-masalah sosial yang timbul
dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial
antara yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan
Referensi :
Komentar
Posting Komentar